Tuesday, 22 August 2017

Imam Syafi I Belajar Forex


Puji Syukur kita panjatkan Selalu kehadirat Allah l'Altissimo yang Telah memberikan Rahmat-Nya sehingga saya Bisa melanjutkan distacco dari dunia islam tentang kisah Para Imam Dalam Islam. yaitu kisah-kisah Para Imam yang sangat berjasa untuk Islam. Kali ini saya akan membahas tentang Imam Syafii. ini dia kisah Imam Syafii. Nama Dan Nasab Beliau Bernama Muhammad dengan kun-yah Abu Abdillah. Nasab beliau Secara lengkap Adalah Muhammad bin Idris bin al-8216Abbas bin 8216Utsman bin Syafi8216 bin as-Saib bin 8216Ubayd bin Zayd bin 8216Abdu Hasyim bin al-Muththalib bin 8216Abdu Manaf bin Qushay. Nasab beliau bertemu dengan Nasab Rasulullah pada diri 8216Abdu Manaf bin Qushay. Dengan begitu, beliau Masih termasuk Sanak Kandung Rasulullah Karena Masih terhitung keturunan Paman-Jauh beliau. yaitu Hasyim bin al-Muththalib. Bapak beliau, Idris, berasal dari Daerah Tibalah (Sebuah Daerah di Wilayah Tihamah di Jalan menuju ke Yaman). Dia seorang yang Tidak berpunya. Awalnya dia tinggal di Madinah Lalu berpindah dan menetap di 8216Asqalan (Kota tepi Pantai di wilayah Palestina) dan akhirnya meninggal Dalam keadaan Masih muda di sana. Syafi 8216, Kakek Dari Kakek beliau, - yang namanya menjadi Sumber penisbatan beliau (Syafi8216i) - menurut sebagian ulama Adalah seorang Sahabat Shigar (yunior) Nabi. As-Saib. Bapak Syafi 8216, sendiri termasuk Sahabat Kibar (senior) yang memiliki kemiripan fisik dengan Rasulullah visto. Dia termasuk Dalam Barisan Tokoh musyrikin Quraysy Dalam Perang Badar. Ketika ITU dia tertawan Lalu menebus sendiri dirinya dan menyatakan masuk Islam. Para Ahli Sejarah dan ulama Nasab Serta Ahli HADITS bersepakat bahwa Imam Syafi8216i berasal dari keturunan Murni arabo. Imam Bukhari Dan Imam Muslim Telah memberi kesaksian mereka akan kevalidan nasabnya tersebut dan ketersambungannya dengan Nasab Nabi, kemudian mereka membantah pendapat-pendapat sekelompok orang dari kalangan Malikiyah dan Hanafiyah yang menyatakan bahwa Imam Syafi8216i bukanlah Asli keturunan Quraysy Secara Nasab, tetapi Hanya keturunan Secara wala8217 Saja . Adapun IBU beliau, terdapat perbedaan pendapat tentang jati dirinya. Beberapa pendapat mengatakan dia Masih keturunan al-Hasan bin 8216Ali bin Abu Thalib, sedangkan di Più menyebutkan seorang wanita dari kabilah Azadiyah Yang memiliki kun-yah Ummu Habibah. Imam an-Nawawi menegaskan bahwa IBU Imam Syafi8216i Adalah seorang wanita yang Tekun beribadah dan memiliki kecerdasan yang Tinggi. Dia seorang yang faqih Dalam urusan Agama dan memiliki kemampuan melakukan istinbath. Waktu Dan Tempat Kelahirannya Beliau dilahirkan pada tahun 150H. Pada tahun pula ITU, Abu Hanifah wafat sehingga dikomentari Oleh al-Hakim sebagai isyarat bahwa beliau Adalah pengganti Abu Hanifah Dalam bidang yang ditekuninya. Tentang Tempat kelahirannya, banyak riwayat Yang menyebutkan beberapa Tempat yang Berbeda. tetapi Akan, Yang termasyhur dan disepakati Oleh Ahli Sejarah Adalah kota Ghazzah (Sebuah kota yang terletak di perbatasan Wilayah Syam ke Arah Mesir. Tepatnya di sebelah Selatan Palestina. Jaraknya dengan Kota Asqalan sekitar dua Farsakh). Tempat lain Yang disebut-sebut Adalah Kota Asqalan dan Yaman. Ibnu Hajar memberikan penjelasan bahwa riwayat-riwayat tersebut dapat digabungkan dengan dikatakan bahwa beliau dilahirkan di Sebuah Tempat Bernama Ghazzah di Wilayah Asqalan. Ketika berumur dua tahun, beliau dibawa ibunya ke Negeri Hijaz dan berbaur dengan penduduk Negeri ITU yang keturunan Yaman Karena cantato IBU berasal dari kabilah Azdiyah (Dari Yaman). Lalu ketika berumur 10 tahun, beliau dibawa ke Mekkah. Karena cantato IBU khawatir nasabnya yang Mulia lenyap dan terlupakan. Pertumbuhannya Dan Pengembaraannya Mencari Ilmu Di Mekkah, Imam Syafi 8216i dan ibunya tinggal di Dekat Syi8216bu al-Khaif. Di sana, cantato IBU mengirimnya Belajar kepada seorang guru. Sebenarnya ibunya Tidak mampu untuk membiayainya, tetapi cantato guru ternyata rela Tidak dibayar setelah Melihat kecerdasan dan kecepatannya Dalam menghafal. Imam Syafi8216i bercerita, 8220 Di al-Kuttab (Sekolah Tempat menghafal Alquran), Saya Melihat guru yang mengajar di situ membacakan murid-muridnya ayat Alquran. maka AKU ikut menghafalnya. Sampai ketika saya menghafal semua yang dia diktekan, dia berkata kepadaku, 8220Tidak halal bagiku mengambil upah sedikitpun darimu.8221 Dan ternyata kemudian dengan Segera guru ITU mengangkatnya sebagai penggantinya (mengawasi Lain murid-murid) jika dia Tidak ada. Demikianlah, Belum Lagi menginjak USIA baligh, beliau Telah berubah menjadi seorang guru. Setelah rampung menghafal Alquran di al-Kuttab. beliau kemudian beralih ke Masjidil Haram untuk menghadiri Majelis-Majelis ilmu di sana. Sekalipun Hidup Dalam kemiskinan, beliau Tidak berputus ASA Dalam menimba ilmu. Beliau mengumpulkan pecahan tembikar, Pezzi kulit, pelepah kurma, dan tulang unta untuk dipakai menulis. Sampai-sampai tempayan-tempayan Milik ibunya Penuh dengan tulang-tulang, tembikar pecahan, dan pelepah Kurma yang Telah bertuliskan HADITS-HADITS Nabi. Dan ITU terjadi pada Saat beliau Belum Lagi berusia baligh. Sampai dikatakan bahwa beliau Telah menghafal Alquran pada Saat berusia 7 tahun, Lalu membaca dan menghafal Kitab al-Muwaththa8217 Karya Imam Malik pada USIA 12 tahun sebelum beliau berjumpa langsung dengan Imam Malik di Madinah. Beliau Juga tertarik mempelajari ilmu italiano arabo dan Syair-syairnya. Beliau memutuskan untuk tinggal di Daerah pedalaman bersama suku Hudzail yang Telah terkenal kefasihan dan kemurnian bahasanya, Serta Syair-Syair mereka. Hasilnya, sekembalinya dari sana beliau Telah berhasil menguasai kefasihan mereka dan menghafal seluruh Syair mereka, Serta mengetahui Nasab orang-orang arabo, Suatu hal yang kemudian banyak dipuji Oleh Ahli-Ahli italiano arabo yang pernah berjumpa dengannya dan yang Hidup sesudahnya. Namun, Takdir Allah Telah menentukan Jalan baginya lain. Setelah mendapatkan nasehat dari orang Dua ulama, yaitu musulmano bin Khalid az-Zanji - mufti kota Mekkah-, dan al-Husain Bin 8216Ali bin Yazid agar mendalami ilmu fiqih, Maka beliau gioco di parole tersentuh untuk mendalaminya dan mulailah beliau melakukan pengembaraannya mencari ilmu. Beliau mengawalinya dengan menimbanya Dari Ulama-Ulama kotanya, Mekkah, seperti bin musulmano Khalid, Dawud bin Abdurrahman al-8216Athar, Muhammad bin Ali bin Syafi8217 8211yang Masih terhitung Paman jauhnya-, Sufyan bin 8216Uyainah 8211 Ahli HADITS Mekkah -, Abdurrahman bin Abu Bakar al - Maliki, Sa8217id bin Salim, Fudhail bin 8216Iyadh, dan Lain-lain. Di Mekkah ini, beliau mempelajari ilmu fiqih, HADITS, lughoh, dan Muwaththa8217 Imam Malik. Di samping ITU beliau Juga mempelajari keterampilan memanah dan menunggang Kuda sampai menjadi Mahir sebagai realisasi pemahamannya terhadap Ayat 60 Surat al-Anfal. Bahkan dikatakan bahwa dari 10 panah yang dilepasnya, 9 di antaranya Meals mengena sasaran. Setelah mendapat izin Dari para syaikh-Nya untuk berfatwa, Timbul keinginannya untuk mengembara ke Madinah, Dar as-Sunnah, untuk mengambil ilmu Dari para ulamanya. Terlebih Lagi di sana Ada Imam Malik bin Anas. penyusun al-Muwaththa8217. Maka berangkatlah beliau ke sana menemui cantato Imam. Di hadapan Imam Malik, beliau membaca al-Muwaththa8217 yang Telah dihafalnya di Mekkah, dan hafalannya ITU membuat Imam Malik kagum kepadanya. Beliau menjalani mulazamah kepada Malik demi mengambil ilmu darinya sampai cantato Imam wafat pada tahun 179. Di samping Imam Malik, beliau Juga mengambil ilmu dari ulama Madinah lainnya seperti Ibrahim bin Abu Yahya, 8216Abdul 8216Aziz ad-Darawardi, Athaf bin Khalid, Isma8216il bin Ja8216far , Ibrahim bin Sa8216d dan Masih banyak Lagi. Setelah Kembali ke Mekkah, beliau kemudian melanjutkan mencari ilmu ke Yaman. Di sana beliau mengambil ilmu dari Mutharrif bin Mazin dan Hisyam bin Yusuf al-Qadhi, Serta di Più. Namun, berawal dari Yaman Inilah beliau mendapat cobaan 8211satu hal yang Selalu dihadapi Oleh para ulama, sebelum maupun sesudah beliau-. Di Yaman, nama beliau menjadi Tenar Karena sejumlah kegiatan dan kegigihannya menegakkan Keadilan, dan ketenarannya ITU sampai Juga ke Telinga penduduk Mekkah. Lalu, orang-orang yang Tidak senang kepadanya akibat kegiatannya Tadi mengadukannya kepada Khalifah Harun ar-Rasyid, Mereka menuduhnya hendak mengobarkan pemberontakan bersama orang-orang Dari kalangan Alawiyah. Sebagaimana Dalam Sejarah, Imam Syafi8216i Hidup pada masa-masa Awal pemerintahan Bani 8216Abbasiyah yang berhasil merebut kekuasaan dari Bani Umayyah. Pada masa itu, setiap Khalifah dari Bani 8216Abbasiyah hampir Selalu menghadapi pemberontakan orang-orang Dari kalangan 8216Alawiyah. Kenyataan ini membuat mereka bersikap sangat kejam Dalam memadamkan pemberontakan orang-orang yang 8216Alawiyah sebenarnya Masih Saudara mereka sebagai sesama Bani Hasyim. Dan Hal ITU menggoreskan rasa Sedih yang mendalam pada kaum Muslimin Secara Umum dan pada diri Imam Syafi8216i Secara khusus. Dia Melihat orang-orang dari Ahlu Bait Nabi menghadapi musibah yang mengenaskan Dari penguasa. Maka Berbeda dengan sikap Ahli fiqih selainnya, beliau gioco di parole menampakkan Secara Terang-terangan rasa cintanya kepada mereka Tanpa rasa Takut sedikitpun, Suatu sikap Yang Saat ITU akan membuat pemiliknya merasakan kehidupan yang Sangat Sulit. Sikapnya ITU membuatnya dituduh sebagai orang yang bersikap tasyayyu8216, padahal sikapnya sama sekali Berbeda dengan tasysyu8217 modello orang-orang syi8216ah. Bahkan Imam Syafi8216i menolak keras sikap tasysyu8217 modello mereka ITU yang meyakini ketidakabsahan keimaman Abu Bakar, Umar, Serta 8216Utsman. Dan Hanya meyakini keimaman Ali, Serta meyakini kemaksuman para imam mereka. Sedangkan kecintaan beliau kepada Ahlu Bait Adalah kecintaan yang didasari Oleh perintah-perintah yang terdapat Dalam Alquran maupun shahih HADITS-HADITS. Dan kecintaan beliau ITU ternyata tidaklah Lantas membuatnya dianggap Oleh orang-orang syiah sebagai Ahli fiqih madzhab mereka. dusta Tuduhan yang diarahkan kepadanya bahwa dia hendak mengobarkan pemberontakan, membuatnya ditangkap, Lalu digelandang ke Baghdad Dalam keadaan dibelenggu dengan rantai bersama sejumlah orang-orang 8216Alawiyah. Beliau bersama orang-orang 8216Alawiyah ITU dihadapkan ke hadapan Khalifah Harun ar-Rasyid. Khalifah menyuruh bawahannya menyiapkan Pedang dan hamparan kulit. Setelah memeriksa mereka seorang demi seorang, IA menyuruh pegawainya memenggal Kepala mereka. Ketika sampai pada gilirannya, Imam Syafi8216i berusaha memberikan penjelasan kepada Khalifah. Dengan kecerdasan Dan ketenangannya Serta pembelaan Dari Muhammad bin al-Hasan - ahli fiqih Irak-, beliau berhasil meyakinkan Khalifah tentang ketidakbenaran APA yang kepadanya dituduhkan. Akhirnya beliau meninggalkan Majelis Harun ar-Rasyid Dalam keadaan Bersih dari tuduhan bersekongkol dengan 8216Alawiyah dan mendapatkan kesempatan untuk tinggal di Baghdad. Di Baghdad, beliau kembali pada kegiatan asalnya, mencari ilmu. Beliau meneliti Dan mendalami madzhab Ahlu Ra8217yu. Untuk ITU beliau berguru dengan mulazamah kepada Muhammad bin al-Hassan. Selain itu, kepada Isma8216il bin Abdul Wahhab 8216Ulayyah dan ATS-Tsaqafiy dan lain-lain. Setelah meraih ilmu Dari para ulama Irak ITU, beliau kembali ke Mekkah pada Saat namanya Mulai dikenal. Maka mulailah ia mengajar di Tempat dahulu ia Belajar. Ketika Musim haji Tiba, ribuan Jamaah haji berdatangan ke Mekkah. Mereka yang Telah mendengar nama beliau dan ilmunya yang mengagumkan, bersemangat mengikuti pengajarannya sampai akhirnya nama beliau makin Luas dikenal. Salah satu di Antara mereka Adalah Imam Ahmad bin Hanbal. Ketika kamasyhurannya sampai ke kota Baghdad, Imam Abdurrahman bin Mahdi mengirim Surat kepada Imam Syafi8216i memintanya untuk menulis Sebuah kitab Yang berisi Khabar-Khabar yang Maqbul, penjelasan tentang nasikh dan mansukh Dari Ayat-Ayat Alquran dan a giacere-lain. Maka beliau gioco di parole menulis kitabnya yang terkenal, Ar-Risalah. Setelah Lebih dari 9 tahun mengajar di Mekkah, beliau kembali melakukan perjalanan ke Irak untuk kedua kalinya Dalam Rangka menolong madzhab Ash-Habul Hadits di sana. Beliau mendapat sambutan Meriah di Baghdad Karena para ulama besar di sana Telah menyebut-nyebut namanya. Dengan kedatangannya, Kelompok Ash-Habul Hadits MERASA mendapat angin Segar Karena sebelumnya mereka MERASA didominasi Oleh Ahlu Ra8217yi. Sampai-sampai dikatakan bahwa ketika beliau Datang ke Baghdad, di Masjid Jami 8216 al-Gharbi terdapat sekitar 20 halaqah Ahlu Ra 8216yu. Tetapi ketika hari Jumat Tiba, Yang tersisa Hanya 2 atau 3 halaqah Saja. Beliau menetap di Irak Selama Dua tahun, kemudian pada tahun 197 beliau Balik ke Mekkah. Di sana beliau Mulai menyebar madzhabnya sendiri. Maka datanglah para penuntut ilmu kepadanya meneguk dari Lautan ilmunya. Tetapi beliau Hanya berada setahun di Mekkah. Tahun 198, beliau berangkat Lagi ke Irak. Namun, beliau Hanya beberapa bulan saja di sana Karena Telah terjadi perubahan Politik. Khalifah al-Makmun Telah dikuasai Oleh para ulama Ahli Kalam, dan terjebak Dalam pembahasan-pembahasan tentang ilmu Kalam. Sementara Imam Syafi8216i Adalah orang yang paham betul tentang ilmu Kalam. Beliau Tahu bagaimana pertentangan ilmu ini dengan Manhaj as-Salaf ash-Shaleh 8211yang Selama ini dipegangnya - di Dalam memahami masalah-masalah syariat. Hal ITU Karena orang-orang Ahli Kalam menjadikan akal sebagai patokan Utama Dalam menghadapi setiap masalah, menjadikannya rujukan Dalam memahami syariat padahal mereka Tahu bahwa akal Juga memiliki keterbatasan-keterbatasan. Beliau Tahu Betul kebencian meraka kepada Ulama HADITS Ahlu. Karena Itulah beliau menolak madzhab mereka. Dan begitulah kenyataannya. Provokasi Mereka membuat Khalifah mendatangkan Banyak musibah kepada para Ulama HADITS Ahlu. Salah satunya Adalah yang dikenal sebagai Yaumul Mihnah, ketika dia mengumpulkan para ulama untuk menguji dan memaksa mereka menerima paham Alquran ITU makhluk. Akibatnya, banyak ulama yang masuk penjara, bila Tidak dibunuh. Salah satu di antaranya Adalah Imam Ahmad bin Hanbal. Karena Itulah perubahan, Imam Syafi8216i kemudian memutuskan pergi ke Mesir. Sebenarnya hati kecilnya menolak pergi ke sana, tetapi akhirnya ia menyerahkan dirinya kepada kehendak Allah. Di Mesir, beliau mendapat sambutan masyarakatnya. Di sana beliau berdakwah, menebar ilmunya, dan menulis sejumlah kitab, termasuk merevisi kitabnya ar-Risalah, sampai akhirnya beliau menemui Akhir kehidupannya di sana. Keteguhannya Membela Sunnah Sebagai seorang yang mengikuti Manhaj Ash-Habul Hadits, beliau Dalam menetapkan Suatu masalah terutama masalah aqidah Selalu menjadikan Alquran dan Sunnah Nabi sebagai landasan dan Sumber hukumnya. Beliau Selalu menyebutkan Dalil-Dalil dari keduanya dan menjadikannya hujjah Dalam menghadapi penentangnya, terutama dari kalangan Ahli Kalam. Beliau berkata, 8220Jika kalian Telah mendapatkan Sunnah Nabi, Maka ikutilah dan janganlah kalian berpaling mengambil pendapat yang lain.8221 Karena komitmennya mengikuti Sunnah dan membelanya ITU, beliau mendapat gelar Nashir as-Sunnah wa al-Hadits. Terdapat banyak atsar tentang ketidaksukaan beliau kepada Ahli Ilmu Kalam, mengingat perbedaan Manhaj beliau dengan mereka. Beliau berkata, 8220Setiap orang yang berbicara (mutakallim) dengan bersumber dari Alquran dan Sunnah, Maka ucapannya Adalah Benar, tetapi Jika Dari selain keduanya, Maka ucapannya hanyalah igauan belaka.8221 imam Ahmad berkata, 8220Bagi Syafi8216i Jika Telah Yakin dengan keshahihan Sebuah HADITS, Maka dia menyampaikannya akan. Dan prilaku yang terbaik Adalah dia Tidak tertarik sama dengan sekali ilmu Kalam, Dan Lebih tertarik kepada fiqih.8221 Imam Syafi 8216i berkata, 8220Tidak ada yang Lebih AKU Benci daripada ilmu Kalam dan ahlinya8221 Al-Mazani berkata, 8220Merupakan madzhab Imam Syafi8216i membenci kesibukan Dalam ilmu Kalam. Beliau melarang kami sibuk Dalam ilmu kalam.8221 Ketidaksukaan beliau sampai pada Tingkat memberi fatwa bahwa hukum bagi Ahli ilmu Kalam Adalah dipukul dengan pelepah kurma, Lalu dinaikkan ke atas punggung unta dan digiring berkeliling di Antara kabilah-kabilah dengan mengumumkan bahwa ITU Adalah hukuman Bagi orang yang meninggalkan Alquran dan dan Sunnah memilih ilmu Kalam. Wafatnya Karena kesibukannya berdakwah dan menebar ilmu, beliau menderita penyakit bawasir yang Selalu Darah mengeluarkan. Makin Lama penyakitnya ITU bertambah Parah hingga akhirnya beliau wafat karenanya. Beliau wafat pada malam Jumat setelah Shalat Isya8217 hari terakhir bulan Rajab permulaan tahun 204 Dalam USIA 54 tahun. Semoga Allah memberikan kepadanya Rahmat-Nya yang Luas. Ar-Rabi menyampaikan bahwa dia Bermimpi Melihat Imam Syafi8216i, sesudah wafatnya. Dia berkata kepada beliau, 8220Apa Yang Telah diperbuat Allah kepadamu, Wahai Abu Abdillah 8221 Beliau menjawab, 8220Allah mendudukkan AKU di ATAS Sebuah kursi EMAS dan menaburkan pada Diriku Mutiara-Mutiara Yang halus8221 Karangan-Karangannya Sekalipun beliau Hanya Hidup Selama setengah Abad dan kesibukannya melakukan perjalanan Jauh untuk mencari ilmu, Hal ITU tidaklah menghalanginya untuk menulis banyak Kitab. Jumlahnya menurut Ibnu Zulaq mencapai 200 bagian, sedangkan menurut al-Marwaziy mencapai 113 kitab tentang tafsir, fiqih, adab dan Lain-lain. Yaqut mengatakan jumlahnya mencapai 174 kitab Yang judul-judulnya disebutkan Oleh Ibnu an-Nadim al-Dalam Fahrasat. Yang palizzata terkenal di Antara Kitab-kitabnya Adalah al-Umm. yang terdiri dari 4 jilid berisi 128 masalah, dan ar-Risalah al-Jadidah (yang Telah direvisinya) mengenai Alquran dan As-Sunnah Serta kedudukannya Dalam syariat. Sumber: 1. Al-Umm, bagian muqoddimah Hal 3-33. 2. Siyar A8216lam an-Nubala8217 3. Manhaj Aqidah Imam ASY-Syafi8216, terjemah Kitab Manhaj al-Imam Asy-Syafi 8216i fi Itsbat al-8216Aqidah Karya DR. Muhammad al-AW Aql terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi8216i, Cirebon. Nah demikianlah perjalanan Hidup Imam Syafii. tetap kunjungi Dunia islam dan tunggu postingan berikutnya. Dia Adalah Abu Abdullah Muhammad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin syafi8217I bin Saib bin Ubaid bin Abdu Yazid bin Hasyim bin Al - Mutthalib bin Abdi Manaf bin Qushai Al-Qurasyi Al 8211 Mathalib Asy 8211 Syafi8217i Al - hijazi Al-Makki, anak Paman Rasulullah Shallallahu Alai wa Sallam yang bertemu silsilsilahnya dengan Rasulullah pada Abdu Manaf. Para ulama Sepakat bahwa ia Lahir pada tahun 150 Hijriyah, yaitu pada tahun meninggalnya Imam Abu Hanifah Rahimahumullah. Bahkan, ada yang mengatakan kalau ia Lahir pada hari yang sama ketika Abu Hanifah Wafat. Imam An-Nawawi berkata, 8221Ketahuilah bahwa sesungguhnya Imam Asy-syafi8217I Adalah termasuk manusia pilihan yang mempunyai akhlak Mulia dan mempunyai Peran yang sangat penting Dalam Sejarah islam. Pada Diri Imam Asy-Syafi8217i terkumpul berbagai macam kemuliaan KARUNIA Allah, di antaranya Nasab yang suci bertemu dengan nasabnya Rasulullah Dalam Satu Nasab dan Garis keturunan yang sangat baik semua ini merupakan kemuliaan palizzata Tinggi yang Tidak ternilai dengan Materi. Awal menuntut ilmu dan kecerdasannya Dari Abu Nu8217aim dengan sanad dari Abu Bakr bin Idris Juru tulis Imam Al-Humaidi, Dari Imam Asy-syafi8217i, dia berkata, AKU Adalah seorang Yatim di bawah Asuhan ibuku. Ibuku guna Tidak mempunyai dana membayar seorang guru mengajariku untuk. Namun, seorang guru Telah mengizinkan Diriku untuk Belajar dengannya, ketika ia mengajar di Più. Tatkala AKU selesai mengkhatamkan Al-Qur8217an, AKU Lalu masuk Masjid untuk mengikuti Pelajaran yang disampaikan para ulama. Dalam pengajian itu, AKU hafalkan HADITS dan permasalahan-permasalahan Agama. Waktu ITU AKU Masih tinggal di Mecca, di Suku khif. kemiskinanku Akibat, ketika AKU Melihat tulang yang menyerupai Papan, Maka tulang ITU ku ambil untuk AKU gunakan menulis hadist dan beberapa permasalahan Agama. Di Daerah kami terdapat Tempat sampah, ketika tulang yang aku tulis Sudah Penuh, Maka tulang ITU AKU Buang Disana. Imam di Al - Baihaqi dengan sanadnya dari Mus8217ab bin Abdillah Az-Zabiri, dia berkata, 8221Imam Asy 8211syafi8217i memulai aktivitas keilmuannya dengan Belajar sya8217ir, Sejarah dan sastra. Setelah ITU Baru menekuni dunia fikih.8221 Sebab ketertarikan Imam Asy-syafi8217i terhadap fikih bermula dari Suatu ketika dia berjalan dengan mengendarai binatang, Sedang di belakangnya kebetulan sekretaris Ubay Sedang mengikutinya. Berangkat dari perkataan Inilah, Imam Asy-Syafi8217i melantunkan esca sya8217ir, sehingga sekretaris Ubay memacu kendaraannya agar berjalan Lebih Cepat Lagi untuk menghampirinya. Ketika Sudah mendekat dengan Imam Asy-Syafi8217i, ia Lalu berkata 8220orang sepertimu akan kehilangan muru8217ah kalau Hanya serperti ini Saja. Di mana kemampuanmu dibidang fiqih Berangkat dari Inilah Imam Asy Syafi8217i. Belajar ilmu fikih kepada Imam Malik bin Anas. Adz 8211Dzabi berkata 8220dari Imam Asy-Syafi8217i, dia berkata 8220aku Telah mendatangi Imam Malik, Sedang usiaku baru 13 tahun, demikian berdasarkan ini riwayat. Akan tetapi Secara zhahir, nampaknya usianya pada Saat ITU Adalah dua puluh Tiga tahun. Sebelum mendatangi Imam Malik, AKU terlebih dahulu mendatangi Saudara sepupuku yang menjabat walikota Madinah. Kemudian Saudara sepupuku mengantarku ke Imam Malik, Saudara sepupuku Lalu berkata kepadaku, 8221carilah seorang guna menyeleksi bacaan Al-Corano-anmu8221 Lalu AKU menjawab, aku mencari guru untuk membaca Al-Corano-anLalu, AKU menghadapkan bacaanku kepada Malik. Barangkali bacaanku Sudah Jauh, tetapi akan ia memintaku untuk mengulanginya, sehingga AKU gioco di parole mengulangi bacaan Al-Qur8217anku Lagi Yang membuatnya terkagum kagum, ketika AKU bertanya kepada Malik beberapa masalah dan dijawabnya, Maka Imam Malik Lalu berkata 8221apakah kamu ingin menjadi seorang hakim8221 Setelah berguru kepada Imam Malik. Imam Asy-syfi8217i Lalu pindah ke Yaman. dari Yaman Lalu ia pindah ke Irak untuk menyibukkan dirinya Dalam ilmu Agama. Di Irak ia berdebat dengan Muhammad bin Al-Hasan dan ulama lainnya. di sana ia sebarkan ilmu Hadist, madzhabnya Mendirikan dan membantu perkembangan Sunnah. Hasilnya, nama dan keutamaan Imam Asy-syafi8217i tersebar dan Semakin dikenal hingga namanya membumbung ke Angkasa memenuhi setiap Dataran Bumi Islam. Sanjungan Para Ulama Terhadapnya Abu Nu8217aim Al-Hafizh berkata, 8221diantara ulama terdapat imam yang sempurna, berilmu dan mengamalkannya, mempunyai keilmuan yang Tinggi, berakhlak Mulia dan Dermawan. Ulama demikian ini Adalah cahaya diwaktu gelap yang menjelaskan Segala kesulitan dan ilmunya menerangi Belahan Timur sampai Barat. Madzhabnya di ikuti Oleh banyak orang, baik Yang tinggal di Darat maupun dilautan Karena madzhabnya didasarkan pada Sunnah, atsar dan sesuatu yang Telah disepakati para sahabat Anshar dan Muhajirin, dan terambil dari perkataan imam pilihan. Ulama ITU Adalah Abu Abdilllah Muhammad bin Idris Asy-Syafi8217i Al-Aimmah Al-Ahbar Al-Hijazi Al-Muthalibi. Dari Ayyub bin Suwaid, dia berkata, 8221aku Tidak pernah membayangkan kalau Dalam hidupku ini aku dapat bertemu dengan orang seperti Imam Asy-Syafi8217i. Ar-Razi berkata, 8221sesungguhnya sanjungan dan Pujian para ulama terhadap Imam Asy-Syafi8217i sangat banyak dan tak terhitung jumlahnya. Ibadah, Kewara8217an dan Kezuh udannya Bahr bin Nashr berkata, 8221di masa Imam Asy-Syafi8217i, AKU Belum pernah Melihat dan mendengar ada orang yang bertaqwa dan wira8217i melebi Imam Asy-Syafi8217i. Begitu Juga AKU Belum pernah mendengarkan ada orang yang melantunkan Al-Qur8217an dengan suara yang Lebih Bagus darinya.8221 Al - Husain Al Karabisi berkata, 8221Aku bermalam bersama Asy Syafi8217i Selama Delapan puluh malam, dia Selalu sholat sekitar sepertiga Malam. Dalam sholatnya, AKU Juga Tidak pernah melihatnya membaca Al-Qur8217an kurang dari Delapan puluh Ayat, kalau gioco di parole Lebih Tidak Lebih dari Seratus Ayat, ketika membaca Ayat yang berisi Rahmat, Maka ia Selalu berdoa untuk dirinya dan orang mukmin semuanya. Dan ketika membaca Ayat yang berisi adzab, Maka ia Selalu memohon perlindungan dari Allah dirinya untuk dan orang mukmin semuanya. Kalau AKU perhatikan, Maka seolah Olah rasa Takut dan Penuh Harap berkumpul dan Bersatu menjadi Satu Dalam dirinya. Kedermawanan Ibnu Abdil Hakam mengatakan bahwa Imam Asy-Syafi8217i Adalah orang yang palizzata Dermawan terhadap sesuatu yang ia Miliki. Ketika ia lewat di Tempat Kami dan tidak Melihat Diriku maka ia meninggalkan Pesan agar AKU Datang kerumahnya. Oleh Karena itu AKU Sering Makan siang dirumahnya. Ketika AKU duduk bersamanya untuk makan Siang, Maka ia menyuruh budak perempuannya agar memasak makanan untuk kami. Lalu ia tetap setia menunggu di Meja makan hingga kami selesai Dari makan. Dari Ar-Rabi8217 Bin Sulaiman, IA berkata 8221ketika Imam Asy-Syafi8217i Sedang meniki keledai melewati pasar, Maka Tanpa Sadar cemeti ditangannya jatuh mengenai salah seorang tukang Sepatu, sehingga ia gioco di parole Turun mengambil cemeti Dan mengusap orang tersebut. Kemudian Imam Asy-Syafi8217i berkata Ar-Rabi8217, 8221berikan uang Dinaro yang ada padamu kepadanya, 8221 Ar-Rabi8217 Berkat 8221Aku Tidak Tahu, enam atau dinar Sembilan yang aku berikan kepada tukang Sepatu tersebut. Keteguhan Mengikuti Sunnah dan Celaannya Terhadap Ahli Bid8217ah Dari Abu Ja8217far A-Tirmidzi, ia mengatakan, 8221ketika AKU ingin menulis kitab tentang pemikiran, Tiba tiba Dalam Tidur AKU Bermimpi bertemu dengan Rasulullah. Aku bertanya kepada beliau, ya Rasulullah, apakah AKU Perlu menulis pemikiran Imam Asy-Syafi8217i. Maka beliau bersabda, 8221sesungguhnya ITU Bukan pemikiran, tetapi Akan, ITU Adalah bantahan terhadap orang orang yang menentang Sunnah-Sunnahku. Ketika Seseorang bertanya, 8221Wahai Abu Abdillah, apakah kami boleh mengamalkan Hadist dari itu Rasulullah shahih dan AKU Tidak menggunakannya, Maka AKU bersaksi kepada kalian bahwa akalku Telah hilang. Dalam kesempatan lain mengatakan Imam Asy-Syafi8217i, 8221Apabila hadist ITU Adalah shahih maka ketahuilah bahwa sesungguhnya ITU Adalah mazhabku. Syafi8217i, pernah berkata, 8221Seorang Hamba melakukan semua Jenis dosa selain syirik kepada Allah ITU Masih Lebih baik daripada Hamba Yang bemain-principale dengan Hawa nafsunya. Kepandaiannya Berkarya dan Karya-karyanya membawa manfaat Imam Asy-Syafi8217i Adalah orang Pertama kali yang berkarya Dalam bidang Ushul Al-Fiqh dan Ahkam Al-Qur8217an. Para ulama Dan cendekia terkemuka pada mengkaji Karya-Karya Imam Asy-Syafi8217i dan mengambil manfaat darinya. Imam Asy-Syafi8217i Telah menulis kitab Ar-Risalah. Padahal pada Saat ITU Imam Asy-Syafi8217i Masih Sangat muda. Dan Masih banyak Lagi Karya-karyanya di Più. Dan beliau Juga dribbling Dalam bersyair dan berkata Mutiara, seperti: - Ilmu bukanlah sesuatu yang dihafal, tetapi ilmu Adalah sesuatu yang ada manfaatnya. - Barangsiapa Membenarkan AJARAN Allah, Maka ia Selamat akan. Barangsiapa agamanya memperhatikan, Maka ia akan Selamat dari kehinaan. barangsiapa zuhud di Dunia, Maka hatinya akan ditenangkan Allah dengan memperlihatkan padanya Bălăşan yang Baik. Guru dan murid-muridn ya Guru-Guru beliau. Al-Hafiz berkata, 8221Imam Asy-Syafi8217i berguru kepada musulmano bin Khalid Az-Zanji, l'Imam Malik bin Anas, Ibrahim bin Sa8217ad, Sa8217id bin Salim Al-Qaddah, Ad-Darawardi, Abdul Wahab Ats-Tsaqafi, Dan banyak Lagi Yang lainnya. Murid-murid beliau. Adalah Sulaiman bin Dawud Al-Hasyimi, Abu Bakar Abdullah bin Az-Zubair al-Humaidi, Ibrahim bin Al-mundzir Al-Hizami, Imam Ahmad bin ambal, dan yang lainnya. Wasiat Beliau Sesunggunya beliau berwasiat kepada dirinya sendiri dan orang yang mendengar wasiatnya ini untuk tetap menghalalkan sesuatu yang dihalalkan Allah Dalam Kitab-Nya dan dihalalkan Oleh Nabi-Nya, Dan mengharamkan sesuatu yang diharamkan Dalam Sunnah Utusan-Nya. Janganlah melampaui Batas-batas ketentuan yang dihalkan maupun yang diharamkan tersebut dengan hal hal rimasto. Sesungguhnya orang orang yang melampaui batas batas ketentuan tersebut berarti meninggalkan kewajiban yang ditetapkan Allah. Sakit Dan Meninggalnya Beliau Dia menderita penyakit yang Kronis, sampai sampai darahnya mengalir ketika dia Sedang menaiki kenderaannya. Aliran Darah ITU berceceran sampai memenuhi Celana, kenderaan dan Telapak kakinya. Ar-Rabi8217 bin Sulaiman berkata, 8221Imam Asy-Syafi8217i meninggal pada malam jum8217at setelah maghrib. Pada waktu ITU AKU berada disampingnya. Jasadnya di makamkan pada hari jum8217at setelah Ashar, hari terakhir di Bulan Rajab. Ketika kami pulang dari mengiringi jenazahnya kami Melihat Hilal bulan sya8217ban tahun 204 Hijriyah. Demikian yang dapat kami paparkan sedikit tentang Biografi Imam Asy-Syafi8217i. Setelah mengetahuinya, hati ini Tersa Rindu ingin bersamanya menikmati pemikirannya yang sempurna, kepadaiannya pancaran dan berkah kata-katanya. Wallahu a8217lam bishowab.

No comments:

Post a Comment